Rabu, 29 Agustus 2007

Let’s Join With Us!!! PELATIHAN WEBLOG SLTA & PT SE-PASURUAN

Sejak pertama kali ditemukan, banyak orang yakin teknologi web akan mempermudah kita untuk menerbitkan naskah secara online. Orang tidak lagi perlu berbelit-belit untuk menerbitkan naskah, juga tidak terlalu bergantung kepada perusahaan penerbitan. Siapa saja, asal dia bisa menulis, bisa langsung menerbitkannya dan berpotensi dibaca oleh banyak orang diseluruh dunia.
Tapi keyakinan itu tidak cepat-cepat terbukti. Sampai menjelang akhir 90-an tidak sembarang orang bisa menerbitkan tulisannya di internet. Karena ternyata, agar naskahnya terpajang dengan baik di web, orang tidak cukup bermodalkan kemampuan menulis. Dia juga dituntut paham HTML (Hypertext Markup Language), dan mengerti cara mengirimkan file dokumen naskahnya ke server lewat FTP (File Transfer Protocol). Tidak semua orang punya ketekunan untuk menangani hal-hal semacam itu.
Keyakinan bahwa web akan mempermudah orang untuk menerbitkan naskahnya baru terbukti ketika internet dilanda demam blog. Blog, yang terkadang juga disebut dengan weblog, adalah publikasi sederhana naskah-naskah yang ditata berdasarkan urutan waktu seperti layaknya sebuah jurnal atau catatan harian. System yang berada dibelakangnya sebetulnya sudah ditemukan terlebih dahulu dan dikenal sebagai CMS (Content Managements System, Sistem pengelolaan isi web). CMS biasa dipakai oleh media-media online untuk mempermudah mereka dalam mengelola penerbitan berita atau cerita secara online. Namun, di blog, CMS mengalami penyederhanaan.
Dengan sistem ini, siapapun kita, bisa dengan mudah menuliskan naskah dan menerbitkannya secara online. Tidak perlu trampil untuk mengolah detil HTML yang rumit. Tidak perlu repot mengirimkan naskah dengan menggunakan software FTP khusus, semuanya bisa dilakukan di browser yang biasa kita pakai untuk jalan-jalan di internet.
Deskripsi ini yang mengilhami serangkaian kegiatan Pengurus Komisariat Ngalah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Yudharta Pasuruan,salah satunya sebagai penunjang skill teknologi yang dikemas dalam kegiatan Pelatihan Desain Web Berbasis Blog Tingkat SLTA & Perguruan Tinggi Se-Pasuruan, harapan dan target dari kegiatan ini adalah para peserta dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang tulis-menulis dan proses pengembangan wacana yang terintegrasi dengan teknologi informasi.
Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 28-30 Agustus 2007, di mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Dibagi 3 sesi dengan 1 sesi perharinya. Pendaftaran langsung ke sekretariat PMII Komisariat Ngalah Jl. Kembang Kuning No.09 Sengonagung Purwosari Pasuruan Jatim 67173 atau kontak di 081805088991 (Mr. Key), pendaftaran ditutup sampai tanggal 27 Agustus 2007.

3 komentar:

arifusan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
arifusan mengatakan...

hebat pmii
teruskan perjuangan mu

arifusan mengatakan...

meskipun aku
sekarang tidak seaktif dulu
dan perjuangan aku sudah aku bagi
ke perjuangan lain yang lebih profit
aku tetap mendukungmu